Bertemu dengan orang baru akan mendapatkan ilmu baru, jalan baru, dan rezeki baru (Indari Mastuti)
Sejak awal saya terjun sebagai penulis buku di tahun 2004, saya menempuh puluhan kilometer untuk bergabung setiap hari Sabtu atau Minggu dengan komunitas penulisan, disana saya sebagai pendengar, tidak banyak bicara, hanya menyerap ilmu dari mereka yang sudah lebih dulu menjadi penulis buku.
Komunitas menulis bagi saya adalah bensin yang akan menyalakan semangat saya menulis, membenahi atau menyempurnakan langkah sebagai penulis, dan juga mendapatkan aura penuh kecerdasan dari setiap obrolan.
Saya suka berada di tengah-tengah para penulis, mereka adalah pembaca yang tangguh sehingga obrolan tak pernah membosankan.
Namun, saya tak berhenti hanya berkomunitas dengan penulis, saya terus menambah jumlah komunitas ketika saya mau meningkatkan kemampuan saya menjual karya atau skill menulis.
Saya bergaul di lintas profesi
Saya berkomunitas di para profesional
Menjajagi obrolan di komunitas pengusaha
Mendalami pemikiran para psikolog
Hingga terjun ke lingkaran pengampu kebijakan
Berkomunitas atau saya sebut bergaul adalah sebuah keharusan bagi semua penulis yang ingin meningkatkan kemampuan Sales marketing di dunia kepenulisan, kalau hanya bergaul dengan sesama penulis siapa yang mau order tulisan?
Saya malah memilih menjadi satu yang berbeda dalam sekumpulan profesi yang sama, misal saya masuk ke komunitas Business Network Internasional, bisa dibilang saya satu-satunya penulis yang memang menulis adalah profesi dan bisnis yang dijalankan, sehingga member yang lain: “kalau membutuhkan apapun terkait penulisan ya kontaknya ke Bu Indari: (begitu kata mereka)
Begitupun dengan komunitas lainnya, dalam satu waktu saya bergabung dengan pakar hukum dan menjadi satu-satunya penulis, diskusi dengan para ilmuwan dan menjadi satu-satunya penulis, sehingga eksisnya di berbagai komunitas mampu meningkatkan branding saya sebagai penulis dan selling di perusahaan.
Dengan berkomunitas secara otomatis saya mendapatkan ilmu baru dari berbagai profesi dan meningkatkan pergerakan INOVASI dalam perusahaan
Contoh saja: tahun 2007 Indscript hanya sebagai agensi naskah untuk para penerbit namun kini entah berapa banyak jenis tulisan yang bisa kami handle di berbagai industri yang membutuhkan jasa kami.
Bisnis kepenulisan bergerak seiring dengan pengetahuan, ilmu, dan networking.